MAKALAH SEJARAH KOMPUTER DAN PERANGKATNYA ( HARDWARE DAN SOFTWARE)
Asssalamu’alaikum
Wr. Wb
Segala puji bagi Allah Swt yang telah menolong hamba-Nya
menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin
saya tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. Makalah ini disusun agar
pembaca dapat memperluas ilmu tentang “Sejarah Komputer dan Perangkatnya
(Hardware dan Software)”, yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari
berbagai sumber. Makalah ini saya susun dengan berbagai rintangan. Baik itu
yang datang dari diri saya sendiri maupun yang datang dari luar. Namun dengan
penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah Swt akhirnya makalah ini
dapat terselesaikan. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih
luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
Saya mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb
Banda aceh , 1 November 2015
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................................................. i
DAFTAR
ISI................................................................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN........................................................................................................... 1
A. Latar
Belakang.................................................................................................................. 1
B. Rumusan
Masalah ............................................................................................................ 1
C. Tujuan
....................................................................................................................... 1
BAB
II PEMBAHASAN............................................................................................................. 2
A. Sejarah
Komputer ............................................................................................................ 2
B. Hardware.......................................................................................................................... 9
C. Software
........................................................................................................................... 11
BAB
III PENUTUP..................................................................................................................... 14
A. Kesimpulan....................................................................................................................... 14
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................................................. 15
PENDAHULUAN
Zaman
sekarang ini perkembangan teknologi komunikasi semakin pesat. Teknologi
berfungsi untuk memudahkan kehidupan manusia. Namun, manusia secara umum
hanyalah sebagai pemakai atau konsumen dari perkembangan teknologi itu. Sebut
saja komputer, komputer sudah dipakai manusia sejak lama dan mempunyai sejarah
tersendiri. Komputer juga memiliki perangkat lunak (software) dan perangkat
keras (hardware). Tetapi, manusia dalam menggunakan komputer dan segala
perangkatnya itu hanya sebagai pemakai dan pengembang teknologi. Mereka jarang
yang mengetahui bagaimana sejarah komputer dan perangkat apa saja yang ada di
dalamnya. Untuk menghadapi tantangan zaman modern sekarang ini memang harus
dibutuhkan kemampuan untuk menguasai teknologi, namun disamping itu alangkah
lebih baik apabila kita mengetahui sejarah komputer dan perangkat lunak serta
perangkat kerasnya. Maka dari itu, penulis menyusun makalah ini agar para
pembaca mamahami dan mengetahuinya.
1.
Bagaimanakah sejarah komputer ?
2.
Apa fungsi dan kegunaan
komputer ?
3.
Apakah perangkat Hardware dan
Software itu ?
1.
Untuk mengetahui sejarah
komputer
2.
Untuk mengetahui fungsi dan
kegunaan komputer
3.
Untuk mengetahui perangakat
keras dan perangkat lunak yang ada dalam komputer
PEMBAHASAN
Istilah
komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah
komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung
(to compute atau to reckon). Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu
alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input,
memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan
perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam
bentuk informasi.
Sedangkan
menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi
data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara
otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan
output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang
komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu
peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan
informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat
menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari
definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan
data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer
dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic
data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu
kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau
gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu
diolah lebih lanjut.
Pengolahan
data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih
berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian,
informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan
bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data
elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih
bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu
komputer.
Sejak
dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga
menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam
penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari
penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun
elektronik.
Saat
ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan
dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari
sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di
kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon
yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang
mennghubungkan berbagai tempat di dunia.
Bagaimanapun
juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita
golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1.
Peralatan
manual: yaitu peralatan pengolahan
data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah
menggunakan tenaga tangan manusia
2.
Peralatan
Mekanik: yaitu peralatan yang sudah
berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3.
Peralatan
Mekanik Elektronik: Peralatan
mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4.
Peralatan
Elektronik: Peralatan yang bekerjanya
secara elektronik penuh
Tulisan
ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa,
terutama alat pengolah data pada golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer
berdasarkan Generasi juga akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini.
· KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis
yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer
serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse,
seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat
terbang dan peluru kendali
Pihak
sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun
1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan
Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan
Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan
dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose
computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua,
keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang
berakhir.
Usaha
yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan
lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan
IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator
tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang
kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,
atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal
elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi
dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak
fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat
melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan
komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and
Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika
Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung
vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, computertersebut merupakan
mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini
dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980),
ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang
bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada
pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim
University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang
hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann
mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC)
pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data.
Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian
melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah
unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk
dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal
Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer
komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Baik
Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu
hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah keberhasilannya dalam
memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun
1952. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi
operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer
memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine
language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi
kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum
(yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder
magnetik untuk penyimpanan data.
· KOMPUTER GENERASI KEDUA
Pada
tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.
Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya,
ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor
mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang
berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer
generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan
teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputerkomputer ini,
yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah
besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang
dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan
yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk
menggantikan kode biner.
Pada
awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang
bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua
ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga
memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat
ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program.
Salah
satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa
luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar
menggunakan computer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program
yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan
kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini,
komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan
desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai
bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented
Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini
menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula
matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang
untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer,
analyst,dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai
bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
· KOMPUTER GENERASI KETIGA
Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer
generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system)
yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
· KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Setelah
IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI)
dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun
1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen
dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale
Integration (ULSI) meningkatkan jumlah
tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen
dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong
turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja,
efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang
dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh
komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang
sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang
spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian
diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama
kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven,
televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi
dengan mikroprosesor.
Perkembangan
yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan computer biasa.
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga
pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk
komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut
minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh
kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah
program word processing dan spreadsheet. Pada awal
1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian
konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada
tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC)
untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan
melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982.
Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya
menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop
computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),
atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM
PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple
Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya,
sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh
juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada
masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU:
IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU
buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam
golongan komputer generasi keempat.
Seiring
dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk
menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu
komputer kecil, komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan
dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan
juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer
jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik
untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon,
jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
· KOMPUTER GENERASI KELIMA
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001 : Space Odyssey. HAL
menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi
kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat
cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan
masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan,
banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat
menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk
menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak
sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga
ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat
bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan
kata-kata secara langsung.
Banyak
kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan
komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan
pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann
akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk
bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat
mempercepat kecepatan informasi.
Jepang
adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer
generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga
dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini
telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di
dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
·
FUNGSI
DAN KEGUNAAN KOMPUTER
Fungsi dan Kegunaan Komputer Secara Umum dapat membantu kita menyelesaikan banyak
tugas-tugas kita. Seperti yang telah anda ketahui, awal mula fungsi komputerberkaitan erat dengan
pengolahan suatu informasi yang mana pengolahan informasi tersebut sangat
eksklusif hubungannya dengan masalah aritmatika. Hal itu terjadi padaawal
ditemukannya komputer.
Namun,
seiring berjalannya waktu dan berkembangannya teknologi sekarang computer tidak hanya untuk menyelesaikan tugas
yang berhubungan dengan aritmatika saja.Beberapa
fungsi dan kegunaan komputer sekarang ini adalah sebagai berikut :
·
Fungsi
multimedia, dengan komputer kita dapat mengolah dan mengedit foto, atau
mengolah dan memperbaiki video, juga dapat untuk merekam sebuah lagu. Jadi kita
dapat mengedit foto yang kita sukai agar menjadi lebih baik atau terlihat lucu.
Windows sendiri telah dilengkapi dengan software pengedit photo yang disebut
paint. Namun, kemampuannya masih tergolong rendah jika dibanding dengan
software-software pengedit photo yang terkenal seperti Photoshop maupun
Photoscape.
Fungsi
hiburan, seperti bermain game, mendengarkan lagu, atau menonton film. Kita bisa
menginstall game pada komputer kita dan memainkannya asal komputer kita
memiliki spesifikasi yang di minta oleh game tersebut.
Membantu
proses pengajaran. Maksudnya disini adalah dapat membantu dalam proses
presentasi dosen atau mahasiswa. Terkadang mahasiswa juga menggunakan komputer
untuk menyimpan catatan nya (umumnya dalam bentuk e-book) sebagai ganti buku
tulis. Serta fungsi lain mempermudah kan dalam mengerjakan tugas seperti karya
ilmiah atau skripsi
·
Fungsinya
yang pertama yaitu melakukan sistem pemrograman dan pemrosesan sebuah data.
Fungsi yang pertama ini sering digunakan pada aplikasi-aplikasi tentang sistem
informasi, termasuk untuk pembuatan program yang mana dapat membantu memudahkan
pengguna dalam menjalankan sebuah komputer.
Fungsi
yang erat kaitannya dengan bisnis, contohnya memproses informasi dan data
keuangan sebuah perusahaan, pendataan karyawan, atau media promosi, atau bisa
juga sebagai transaksi online. Dengan adanya komputer, bisnis lebih mudah dan
cepat.
B.
Hardware
Hardware/Perangkat Keras : adalah sebuah
alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu,
secara fisik ada wujudnya dan ada bentuknya.
Perangkat Hardware terdiri atas 3
jenis, yaitu:
1.
Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik
berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input
misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2.
Perangkat keluaran (Output device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan
menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
3.
Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah
data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit)
dan juga mikroprosesor.
Macam-macam perangkat keras
(hardware):
1.
CPU (Central Processing Unit)
Merupakan alat yang berfungsi
sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan
instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2.
Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar
dari data yang sedang diproses dalam CPU.
3.
Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun
perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol
fungsi lainnya.
4.
Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam
memproses data atau mengedit data.
5.
Printer
Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran data
(output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.
6.
CD ROM
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan
menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain
mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.
7.
Compact Disk (CD)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses
penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.
8.
Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau
menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah
ukuran 3,5 inchi.
9.
Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam
kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk
sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui
saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai
penyimpan sistem operasi yang permanen.
10.
Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa
gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat
diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.
11.
USB Flasdiks
Flasdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling
digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya yang
kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flasdisk telah
menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang
portable, kapasitas minimum flashdis adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas
maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang
kapasitasnya bisa mencapai 1 tera bite (1000 Gb).
Software/Perangkat Lunak : adalah sekumpulan data
elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang
disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan
menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunakinilah
suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
Karena
disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardwareatau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat
diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat
lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak
tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk
dioperasikan.
Jenis-jenis
Software atau Perangkat Lunak :
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan
distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar,
software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .
Software berbayar
Software
berbayar merupakan perangkat lunak yang
didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan
atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak
yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya
tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara
bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah
sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
Freeware
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer
berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware
yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan
tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat
gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan
hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware
juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa
biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan
Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
Free Software
Free
Software lebih mengarah kepada bebas
penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena
bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah
letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin,
dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak
mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar
dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan
perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi
ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi
perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan
yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata
free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena
itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas,
sama seperti Freeware tidak harus gratis.
Shareware
Shareware
juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program
terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan
fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang
ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan
untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari
program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak
antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk
evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati
maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda
ingin tetap menggunakannya.
Kita
juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam
program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang
jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan
perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner
atau pop-up.
PENUTUP
Perkembangan
komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer
bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati
pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk
mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika.
Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi
mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian. Komputer
juga mempunyai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang
saling berkaitan. Pengertian Hardware atau Perangkat Keras adalah
komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Pengertian Software atau Perangkat Lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah
komputer yang diformat kemudian disimpan secara digital.
Comments